Implikasi Perkembangan Teknologi Dalam Bidang Periklanan

Featured image

Iklan adalah setiap bentuk komunikasi yang dimaksudkan untuk memotivasi seorang pembeli potensial dan menjual suatu produk atau jasa, untuk mempengaruhi pendapat publik atau masyarakat, memenangkan dukungan publik untuk membeli atau bertindak sesuai dengan keinginan si pemasang iklan. Iklan adalah sebuah seni dari persuasi dan dapat didefinisikan sebagai desain komunikasi yang dibiayai untuk menginformasikan atau membujuk. “Advertising can be used to build up a long-term image for a product or trigger quick sales ”. Artinya, iklan dapat digunakan untuk membangun citra jangka panjang untuk suatu produk atau sebagai pemicu penjualan-penjualan cepat. Disadari atau tidak, iklan dapat berpengaruh tetapi juga dapat berlalu begitu cepat. Dalam perkembangannya, kita dapat melihat iklan yang seringkali kita lihat adalah iklan dalam media cetak maupun elektronik, seperti iklan dalam majalah, iklan dalam koran, iklan dalam TV, ataupun iklan dalam radio. Tetapi iklan yang banyak kini kita jumpai adalah iklan dalam bentuk online yang berarti iklan beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi memperkaya kemungkinan cara berkomunikasi, dan pada saat yang sama terjadi perubahan-perubahan mendasar. Bahkan definisi yang mengaitkan periklanan dengan media massa mulai diragukan banyak orang. Sebagian pakar menyatakan, apa yang disebut sebagai suatu pemasaran atau periklanan akan berubah dan semakin mengarah ke media online. Semua orang tidak bisa lepas dari teknologi. Teknologi digunakan untuk mempermudah berbagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Teknologi pun sangat berguna bagi semua profesi, begitu juga periklanan (advertising) yang tidak bisa lepas dari teknologi komunikasi juga teknologi informasi. Kemajuan teknologi telah membawa banyak perubahan di berbagai bidang kehidupan. Perubahan tersebut tak terkecuali di bidang periklanan, dimana para pemasar/penjual barang atau jasa tersebut memperoleh berbagai kemudahan dalam menjalankan aktivitasnya. Teknologi komunikasi berfungsi untuk meningkatkan kemampuan dan kecepatan dalam berkomunikasi dan mempermudah jalannya penyampaian serta penerimaan pesan. Informasi akan lebih mudah dan cepat sampai kepada target yang dituju, juga lebih efektif dan efisien karena terhindar dari masalah jarak, ruang, dan waktu. Teknologi modern telah memberikan kemajuan besar bagi para pemasang iklan untuk mencapai target pasar mereka, Saluran iklan baru yang diciptakan oleh teknologi modern membuat perusahaan ataupun individu utuk dapat mencapai publik dalam waktu yang singkat dan jangkauan yang luas serta biaya yang efisien.

Pada masa kini, orang-orang di bidang periklanan menjalankan pekerjaannya dengan memanfaatkan teknologi seperti smartphone, android, tablet dan lainnya. Fitur-fitur didalamnya menawarkan berbagai kemudahan dalam berkomunikasi. Dengan menggunakan gadget-gadget yang canggih ini, memungkinkan berkomunikasi melalui pesan suara, video, chatting, juga sosial media yang tersedia lengkap untuk menunjang komunikasi. Dengan adanya internet pula, jangkauan setiap pengguna menjadi semakin luas. Pada masa kini, internet memegang suatu peranan penting sebagai space atau media untuk beriklan. Misalnya, iklan yang dipasang di website, portal berita, blog, dan lain sebagainya. Kelebihan internet sebagai penunjang periklanan adalah kemampuannya untuk melakukan pertukaran informasi dengan konsumen secara up-to-date dan realtime. Dengan memadukan antara gadget yang ada, dengan fitur canggih didalamnya, atau hanya dengan koneksi internet, kegiatan periklanan sudah dapat dijalankan. Kegiatan periklanan melalui internet atau yang lebih sering disebut sebagai e-advertising kini sudah merupakan hal yang sangat sering dilakukan. Sejak pertama kali internet dibuka untuk dipergunakan secara bebas oleh publik membuka pula peluang bisnis melalui media internet, atau yang lebih dikenal dengan electronic commerce (semua kegiatan transaksi dilakukan dengan internet, baik pemasaran maupun pembayaran, semua secara online). Karena e-advertising tidak mengenal jarak, ruang dan waktu, maka pertimbungan utama dalam pemilihan situs untuk menayangkan iklan adalah situs web yang banyak diakses oleh para user. Biasanya situs yang paling diminati user adalah situs surat kabar online. Dapat disimpulkan bahwa e-advertising adalah media iklan yang menggunakan media elektronik untuk beriklan dan dalam hal ini adalah dalam bentuk internet. Tidak perlu lagi dengan memasang iklan di koran dengan biaya besar, atau iklan di TV dan radio, tetapi iklan bisa dipasang di berbagai web yang ada. Hampir disemua situs kita kini dapat menjumpai iklan didalamnya. Bahkan iklan-iklan tersebut muncul dengan sendirinya.Iklan banner internet dapat ditempatkan secara strategis di situs web yang menargetkan kelompok konsumen tertentu jauh lebih efektif daripada media massa. Iklan televisi yang lebih bergaya dapat ditempatkan pada video Internet, seperti klip berita. Game berbasis web gratis dapat dikembangkan untuk memberikan pengalaman interaktif sementara mengekspos pemain untuk pesan iklan. Dengan akses ke informasi konsumen yang, dalam beberapa hal, lebih mudah untuk mengumpulkan melalui Internet, dan teknologi yang lebih canggih, perusahaan menyesuaikan iklan mereka terhadap khalayak yang spesifik. Pengguna web dapat berinteraksi dengan iklan secara lebih mendalam, dan mereka bisa mendapatkan keuntungan langsung dari pesan pribadi iklan. Jaringan sosial terbukti menjadi sumber daya berharga untuk kelangsungan usaha periklanan. Jaringan sosial, selain memungkinkan pembuat iklan untuk melibatkan konsumen dalam sistemnya, mereka juga dapat menawarkan serta menerapkan distribusi yang kuat dan bebas. Mendistribusikan menarik, iklan yang mengesankan melalui jaringan sosial dapat memicu reaksi yang menyambung terus dimana konsumen individual menyebarkan pesan iklan secara pribadi, kepada jutaan konsumen/publik lainnya, tanpa biaya pemasangan iklan yang besar. Dengan keberadaan sosial media pula, iklan kini semakin praktis dan juga efisien dalam prakteknya. Dengan keberadaan instagram, twitter, facebook, dan sosial media lainnya, berbagai pihak kini dapat membuat dan memasang banyak iklan didalamnya untu menarik minat serta perhatian public sebanyak-banyaknya.

Dari berbagai kemajuan yang diberikan teknologi dalam bidang periklanan, kita dapat melihat beberapa kelebihan penggunaan internet dalam bidang periklanan. Beberapa diantaranya adalah mencapai high quality consumers. Selain itu, dapat mencapai konsumen yang ditargetkan. Kemudian, dengan menempatkan iklan pada halaman yang spesifik, maka perusahaan akan mendapatkan konsumer yang spesifik pula. Iklan juga dapat dimonitor atau deprogram secara khusus. Serta yang terakhir adalah tentu biaya yang relative murah dan terpromosikan dengan cepat. Dapat disimpulkan bahwa melalui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, dunia periklanan semakin dimudahkan untuk memasarkan atau mempromosikan suatu produk atau jasa kepada masyarakat luas. Iklan dapat diubah setiap saat dan hasilnya dapat ditayangkan saat itu juga dengan teknologi multimedia yang semakin berkembang yang dapat digunakan untu membuat iklan yang unik dan menarik yang dapat menarik perhatian serta minat masyarakat. Periklanan melalui internet belum sepenuhnya memberi kemudahan dan keuntungan maksimal, tetap saja memiliki kelemahan misalnya seperti sebagian masyarakat yang tidak bisa menjangkau teknologi sehingga tidak terjangkau oleh iklan tersebut. Sehingga pada akhirnya, pemasar harus kreatif dalam menggunakan teknologi untuk memasarkan barang dan jasanya sehingga dapat diketahui oleh seluruh masyarakat, dan juga penting untuk memperhatikan setiap unsur yang akan diiklankan agar tidak membawa dampak negatif tertentu kepada masyarakat.

Leave a comment